Hotline 08111071677
Informasi lebih lanjut?
  • Pelatihan dan Uji Kompetensi PBJ Level-1, 24 - 27 April 2024 Di Jakarta
  • Pelatihan dan Sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS), 24 - 26 April 2024
  • Pelatihan Kompetensi PPK Tipe C, 27 Mei - 12 Juni 2024
Home » Berita Lintas » Penerapan Tanda Tangan Secara Elektronik di Lintasdiklat

Tanda Tangan Secara Elektronik

Dalam era digital yang terus berkembang, perusahaan di seluruh dunia semakin mengadopsi teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Salah satu aspek yang mengalami transformasi signifikan adalah pelaksanaan tanda tangan. Dulu, tanda tangan hanya terjadi di atas kertas, tetapi sekarang, tanda tangan elektronik menjadi pilihan yang lebih umum.

Pengertian Tanda Tangan Elektronik

Tanda tangan elektronik adalah proses identifikasi seseorang secara elektronik yang digunakan untuk menyetujui atau mengautentikasi dokumen atau transaksi secara digital. Ini dapat berupa gambar tangan yang dipindai, tandatangan yang dibuat dengan stylus pada perangkat elektronik, atau metode otentikasi lainnya yang diakui secara hukum. Penting untuk dicatat bahwa tanda tangan elektronik biasanya terkait dengan sistem keamanan yang ketat untuk memastikan keabsahan dan keaslian tanda tangan tersebut.

Manfaat Tanda Tangan Elektronik

  1. Kemudahan dan Kecepatan: Proses tanda tangan elektronik memungkinkan pengguna untuk menandatangani dokumen dari mana saja, kapan saja, dan menggunakan perangkat apa saja dengan akses internet. Ini mengurangi keterlambatan yang terjadi dalam proses tanda tangan konvensional dan mempercepat aliran kerja bisnis.
  2. Efisiensi Operasional: Dengan menggunakan tanda tangan elektronik, perusahaan dapat menghemat waktu dan biaya yang sebelumnya diperlukan untuk pencetakan, pengiriman, dan penyimpanan dokumen fisik. Ini juga mengurangi risiko kesalahan manusia yang terkait dengan proses manual.
  3. Ketepatan dan Keamanan: Tanda tangan elektronik sering kali lebih sulit dipalsukan daripada tanda tangan konvensional karena dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti sertifikat digital, penanda waktu, dan enkripsi. Ini memberikan tingkat keamanan tambahan untuk dokumen dan transaksi.
  4. Kesesuaian Hukum: Banyak yurisdiksi di seluruh dunia telah mengesahkan undang-undang yang mengakui keabsahan dan keberlakuan tanda tangan elektronik. Dengan mematuhi pedoman yang berlaku, perusahaan dapat menggunakan tanda tangan elektronik untuk transaksi bisnis yang sah dan mematuhi persyaratan hukum.

Mengapa Tanda Tangan Elektronik Harus Diterapkan?

  1. Bergerak Menuju Transformasi Digital: Perusahaan yang ingin tetap kompetitif di pasar yang semakin digital harus mengadopsi teknologi seperti tanda tangan elektronik untuk meningkatkan efisiensi dan fleksibilitas operasional.
  2. Peningkatan Produktivitas: Dengan menggunakan tanda tangan elektronik, perusahaan dapat mempercepat proses bisnis, mengurangi hambatan administratif, dan memungkinkan fokus lebih besar pada kegiatan inti bisnis.
  3. Kepuasan Pelanggan: Pelanggan mengharapkan pengalaman yang lebih cepat dan efisien. Dengan menggunakan tanda tangan elektronik, perusahaan dapat memberikan layanan yang lebih responsif dan memenuhi ekspektasi pelanggan.
  4. Pengurangan Jejak Karbon: Dengan mengurangi penggunaan kertas dan pencetakan dokumen, perusahaan dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dengan mengurangi jejak karbon mereka.

Penerapannya di Lintasdiklat

Pelaksanaan tanda tangan elektronik adalah langkah penting bagi perusahaan modern untuk meningkatkan efisiensi, keamanan, dan kepuasan pelanggan. Dengan mengadopsi teknologi ini, perusahaan dapat memanfaatkan potensi penuh dari era digital dan tetap relevan dalam lingkungan bisnis yang terus berubah. Oleh karena itu Lintasdiklat by PT. Inovasi Lintas Visitama akan menerapkan tanda tangan secara elektronik ini mulai tanggal 2 April 2024. Sebagai tahap awal, tanda tangan elektronik ini akan digunakan pada dokumen surat menyurat terlebih dahulu.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Mungkin Anda tertarik membaca artikel berikut ini.

Omnibus Law

Daftar Tautan 49 Aturan Pelaksana UU No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja

2 Maret 2021 1.169x Berita Lintas

Pemerintah telah menerbitkan 49 peraturan pelaksana Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, yang terdiri dari  45 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden (Perpres). Peraturan pelaksana tersebut juga telah diundangkan ke dalam Lembaran Negara RI. Semua peraturan tersebut dapat diakses pada laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hu... selengkapnya

Tingkat Kelulusan Ujian Pengadaan

Persentase Kelulusan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

27 Mei 2018 3.111x Berita Lintas

Lintas bekerja sama dengan LTKP Indonesia sebagai lembaga penyelenggaran Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang terakreditasi B oleh LKPP senantiasa rutin setiap bulan menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa tersebut. Periode TA 2018 khususnya mulai bulan Mei untuk kegiatan tersebut telah mengacu ... selengkapnya

Kurikulum Pengadaan LKPP

Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Kini 6 Hari

6 Januari 2018 3.751x Berita Lintas

Dalam rangka meningkatkan kompetensi SDM dibidang pengadaan barang/jasa pemerintah yang salah satunya melalui Pelatihan dan Sertifikasi Ahli Pengadaan oleh LKPP maka mulai TA 2018 ini kegiatan pelatihan telah disesuaikan menjadi 50 JP (6 hari dengan Ujian) Oleh karena itu LINTAS bekerjasa sama dengan LTKP Indonesia secara konsisten dan terus berupaya mening... selengkapnya

Hubungi Cepat

Logo Culture Lintas

 

PT. INOVASI LINTAS VISITAMA

Vila Anggrek Blok C 11 No. 1 Bekasi

Telp : 021.89228875

Reguler Class : 0811 107 1677

Private Class : 0821 3317 9279

Email : info@lintasdiklat.id

Subscribe Me

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

whatsapp lintasdiklat
telp lintasdiklat