Hotline 08132083318
Informasi lebih lanjut?
Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah

Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah

Rp / Orang
Rp / Orang
Untuk kelas private & IHT hubungi kami di 082133179279
Rp 3.500.000 / Orang
Rp 4.800.000 / Orang

Checkout

Detail Pelatihan

Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah

Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah


Tanggal
Peserta Orang
Harga Rp /Orang
Total Rp

Detail Pemesan

Detail Peserta

*Pastikan pengisian nama peserta sama persis dengan identitas yang masih berlaku.
Sama dengan pemesan

Dengan klik "Proses Pemesanan" saya menyatakan data telah sesuai identitas yang masih berlaku. Saya juga telah membaca dan menyetujui Syarat & Ketentuan layanan di website ini.

Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah

Tata Naskah adalah merupakan pengaturan teknis prosedural penanganan naskah dinas dalam rangka mendukung terselenggaranya tugas pokok instansi pemerintah dengan daya guna dan hasil guna yang optimal yang meliputi pengelolaan informasi tertulis yang meliputi pengaturan jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan penyimpanan naskah dinas serta media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan. Tata Naskah Dinas merupakan unsur utama dari sistem ketatausahaan instansi pemerintah yang salah satu kegiatannya berhubungan dengan surat menyurat.

Salah satu komponen penting dalam ketatalaksanaan adalah administrasi umum. Ruang lingkup administrasi umum meliputi tata naskah dinas, penamaan lembaga, singkatan dan akronim, kearsipan, serta tata ruang perkantoran.

Tata naskah dinas sebagai salah satu unsur administrasi umum meliputi antara lain, pengaturan tentang jenis dan penyusunan naskah dinas, penggunaan lambang Negara, logo dan cap dinas, penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, pengurusan naskah dinas korespondensi, kewenangan, perubahan, pembatalan produk hukum, dan ralat.

Materi Bimtek Penyusunan Tata Naskah Dinas Dan Pengelolaan Arsip Pemerintah

Modul 1: Pengantar Tata Naskah Dinas

  • Definisi dan tujuan tata naskah dinas
  • Prinsip-prinsip penulisan naskah dinas yang efektif
  • Format dan struktur naskah dinas
  • Bahasa resmi dan gaya penulisan yang tepat
  • Penyampaian informasi yang jelas dan ringkas
  • Contoh naskah dinas yang baik dan buruk

Modul 2: Jenis-jenis Naskah Dinas

  • Surat perintah
  • Surat edaran
  • Surat keputusan
  • Surat pemberitahuan
  • Surat permohonan
  • Surat pengantar
  • Surat undangan
  • Surat resmi lainnya

Modul 3: Tata Naskah Dinas Elektronik

  • Pengenalan naskah dinas elektronik (e-mail, dokumen elektronik)
  • Etika komunikasi elektronik dalam lingkungan pemerintahan
  • Penggunaan saluran komunikasi yang tepat (subjek, tujuan, lampiran)
  • Protokol e-mail yang benar (penulisan, penggunaan bahasa)
  • Tanda tangan digital dan keamanan informasi

Modul 4: Pengantar Pengelolaan Arsip

  • Pengertian pengelolaan arsip
  • Fungsi dan manfaat pengelolaan arsip pemerintah
  • Prinsip-prinsip pengelolaan arsip yang efektif
  • Siklus hidup arsip (penciptaan, pemeliharaan, retensi, disposisi)
  • Pengindeksan dan penomoran arsip
  • Klasifikasi arsip berdasarkan jenis dan tingkat kepentingan
  • Sistem penyimpanan arsip yang efisien

Modul 5: Pengelolaan Arsip Elektronik

  • Konsep arsip elektronik dan manajemen dokumen
  • Sistem manajemen rekaman elektronik (Electronic Records Management System/ERMS)
  • Pengelolaan metadata dan penanda waktu elektronik
  • Pengamanan arsip elektronik (keamanan fisik dan keamanan digital)
  • Penyimpanan dan pemulihan arsip elektronik
  • Penghapusan dan retensi arsip elektronik

Modul 6: Etika dan Keamanan Informasi

  • Etika dalam pengelolaan arsip dan tata naskah dinas
  • Pengendalian akses dan privasi informasi
  • Pengamanan fisik dan teknis arsip
  • Penghindaran konflik kepentingan dan penyalahgunaan informasi
  • Kepatuhan terhadap peraturan dan regulasi terkait privasi dan keamanan informasi

Modul 7: Simulasi Praktek

Durasi Kegiatan

2 Hari

Tempat Kegiatan

Bulan 2026 Tanggal
Januari 9 - 10 30 - 31
Februari 13 - 14 27 - 28
Maret X X
April 10 - 11 24 - 25
Mei 8 - 9 22 - 23
Juni 5 - 6 19 - 20
Juli 3 - 4 17 - 18
Agustus 7 - 8 21 - 22
September 4 - 5 18 - 19
Oktober 2 - 3 16 - 17
November 6 - 7 20 - 21
Desember 4 - 5 18 - 19

Tempat Kegiatan

Hotel Spark - Jakarta
Jl. Raya Mangga Besar No. 42 Jakarta

Investasi

Tanpa Penginapan : Rp. 3.500.000,-
Dengan Penginapan : Rp. 4.800.000,-
Bulan 2026 Tanggal
Januari 23 - 24 X
Februari 6 - 7 20 - 21
Maret X X
April 17 - 18 X
Mei 29 - 30 X
Juni 12 - 13 26 - 27
Juli 10 - 11 24 - 25
Agustus 14 - 15 28 - 29
September 11 - 12 25 - 26
Oktober 9 - 10 23 - 24
November 13 - 14 27 - 28
Desember 11 - 12 X

Tempat Kegiatan

Hotel UNISI Malioboro - Yogyakarta
Jl. Pasar Kembang No. 42 Yogyakarta

Investasi

Tanpa Penginapan : Rp. 3.500.000,-
Dengan Penginapan : Rp. 4.800.000,-


Untuk permintaan bimtek di kota lain silahkan hubungi kami di 0813 208 3318

Setiap peserta dengan pilihan biaya "Non Residential" akan mendapatkan :

  1. Bimtek Kit (Tas Bimtek, Alat Tulis, Modul)
  2. Handout Materi
  3. Akses Materi Lifetime
  4. Makan Siang Dan 2 X Rehat Kopi
  5. Sertifikat Bimtek

Setiap peserta dengan pilihan biaya "Residential Twin" akan mendapatkan :

  1. Bimtek Kit (Tas Bimtek, Alat Tulis, Modul)
  2. Handout Materi
  3. Akses Materi Lifetime
  4. Akomodasi Hotel Selama 3 Malam Twin Sharing (1 Kamar Untuk 2 Peserta)
  5. Sarapan Pagi, Makan Siang, Makan Malam Dan 2 X Rehat Kopi
  6. Sertifikat Bimtek

Mungkin Anda tertarik...

Bimtek Penyelenggaraan Sistem Informasi Keuangan Daerah Sesuai Dengan PMK No. 24/PMK.07/2020

  • Tatap Muka
  • 2 Hari
  • Surat Penawaran Kegiatan Ini dan Informasi Pelatihan Di Kota Lain

    Bimtek Pengelolaan Arsip Vital

  • Tatap Muka
  • 2 Hari
  • Surat Penawaran Kegiatan Ini dan Informasi Pelatihan Di Kota Lain

    Hubungi Cepat

    PT. INOVASI LINTAS VISITAMA

    Vila Anggrek Blok C 11 No. 1 Bekasi

    Reguler Class : 0813 208 3318

    Private Class : 0821 3317 9279

    Email : official@lintasdiklat.id

    Subscribe Me

    Kontak Kami

    Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

    whatsapp lintasdiklat
    telp lintasdiklat